berita

Sejumlah 40 Siswa siswi Mengikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional, Provinsi dan Kota

SELEKSI PASKIBRAKA TH 2020

Sulis Wijaya | Kamis, 27 Februari 2020 - 13:40:08 WIB | dibaca: 6286 pembaca

Kegiatan Seleksi Paskibraka 2020

Seleksi Paskibraka adalah hal yang dinantikan oleh kalangan para siswa dan siswi Kelas 10 dan 11 baik SMA, SMK maupun MA Baik swasta ataupun Negeri. Pasalnya, menjadi paskibraka adalah dambaan bagi setiap orang, namun ternyata untuk menjadi Paskibraka jalan yang harus dilalui tidaklah mudah. Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di 3 tempat, yakni tingkat Kabupaten/Kota (Kantor Bupati/Wali Kota), Provinsi (Kantor Gubernur), dan Nasional (Istana Merdeka). Bagaimana cara menjadi seorang Paskibraka? Menjadi Paskibraka bukanlah hal yang mudah, karena Paskibraka adalah siswa siswa yang terpilih diantara siswa siswa pilihan yang telah diseleksi dalam banyak sekali tahapan sehingga didapatkan lah yang terbaik diantara yang terbaik. Apa saja persyaratan agar bisa menjadi seorang Paskibraka? Persyaratan menjadi seorang Paskibraka tidak seribet persyaratan untuk masuk Akmil/Akpol ya..,Berdasarkan surat dari Kementrian Pemuda dan Olahraga Nomor 1.20.1/D.II/I/2020 tanggal 20 Januari tentang Pemberitahuan kegiatan Paskibraka Nasional 2020 dan Surat dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan No. 427/120/Dispora//2020 tanggal 15 Januari 2020. tentang seleksi Paskibraka tingkat Kota dan Provinsi dengan ini disampaiakan persyaratan calon Paskibraka Kota Prabumulih sebagai berikut :

1.     Siswa/siswi SLTA / Sederajat
2.     Duduk dikelas X ( satu ) dan Xi ( dua )
3.     Tinggi Badan Putra Minimal 170 vm dan maksimal 180 cm, untuk Putri minimal 165 cm dan maksimal 175 cm ( untuk tingkat Provinsi ) dan ( Nasional ) dan tinggi Putra minimal 165 cm dan Putri 160 ( untuk tingkat Kota )
4.     Berkepribadian dan beraklak Mulia.
5.     Tegak dan tidak cacat ( kaki tidak berbentuk O atau X ) serta sehat jasmani dan Rohani terutama Gigi, Kulit dan Mata.
6.     Penampilan segar dan gembira simpatik dan menarik
7.     Berat badan sesuai dengan ketentuan
8.     Di Utamakan memiliki kemampuan bahasa inggris aktif dan Baca Tulis Al Qur'an
 
Joko Firdaus S.Pd selaku Kepala Dinas POK, menurutnya ini merupakan agenda tahunan guna mencari bibit terbaik di Kota Prabumulih terkhusus bidang kepemudaan. di bantu Gusti Ketua PPI Kota Prabumulih dan Wakilnya Hakim Kasogi Wakil Ketua PPI Kota Prabumulih serta Kusmantoni M.Pd yang sebagai Pembina Paskansa SMK Negeri 1 Prabumulih, di bantu Adit anggota PPI serta Gomad staff POK. siang kemarin menyeleksi sebanyak 40 siswa dan siswi yang sebelumnya telah diseleksi secara internal yang nantinya akan diseleksi oleh panitia PPI, untuk hasil dari penentuan seleksi Pasikbraka, PPI Kota Prabumulih masih melakukan beberapa tahapan seleksi pasalnya saat ini hingga sabtu dalam minggu ini masih melaksanakan seleksi kesekolah sekolah, yang ada di Kota Prabumulih. Wisnu Pratama salah satu peserta yang paling atusias dan semangat dalam mengikuti seleksi Paskibraka th 2020, sering olahraga dan hobi berlari membuat dirinya yakin dan mampu untuk lolos tahap selanjutnya itu " yo aku la yakin pak kalo aku cagnyo biso,tros lolos semoga bae rezekiku pak " harapannya, disisi lain saat peserta lain sedang melaksanakan baris bebaris semua peserta begitu semangat diatas teriknya sinar matahari.

 


Video Terkait:










Komentar Via Website : 1
08 Agustus 2020 - 18:59:08 WIB